Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak, Tim KKN Undip Desa Mantingan Jepara Gelar Pemeriksaan Gigi

Sikat gigi masal di SD N 2 Mantingan dipandu oleh mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro

MANTINGAN – Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat diperkenalkan sejak dini kepada anak. Tim II KKN Undip Desa Mantingan menyelenggarakan pemeriksaan gigi di SD/MI se-Desa Mantingan pada tanggal 25 Juli – 5 Agustus 2019. Pemeriksaan dilakukan ke 106 siswa kelas 4 berumur 8-11 tahun yang terdiri dari 25 siswa SD Negeri 1 Mantingan, 22 siswa SD Negeri 2 Mantingan, 20 siswa SD Negeri 3 Mantingan, 22 siswa MI I’anatul Khoir dan 16 siswa MI Mambaul Ulum. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan DMFT (Decayed, Missing, Filled Teeth) untuk mengetahui status gigi berlubang siswa.

Pemeriksaan Gigi Anak oleh A. A. Sutadi Saputra, Mahasiswa Kedokteran Gigi KKN Undip

Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB yang diawali kampanye sikat yang baik dan benar untuk memberikan edukasi kepada siswa SD/MI dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semua siswa sangat senang ketika dilakukan pemeriksaan dan belajar sikat gigi dengan model peraga. Guru sekolah merasakan manfaat yang luar biasa dari adanya pemeriksaan ini karena sebelumnya belum pernah diadakan kegiatan yang serupa.

Hasil dari pemeriksaan didapatkan status “tinggi” dengan rata-rata indeks gigi berlubang mencapai 4,68 (Kriteria DMFT menurut WHO). Hasil pemeriksaan juga menyatakan angka gigi berlubang siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan.  Kegiatan ditutup dengan sikat gigi massal di halaman sekolah dan dibagikan stiker “jangan lupa sikat gigi 2x sehari”.

TIM II KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan